BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Keberhasilan
suatu bisnis pada umumnya bergantung pada lingkungan bisnis. Bahkan setelah
suatu bisnis diciptakan, wiraswasta dan manajernya harus terus menerus memantau
lingkungan sehingga mereka dapat mengantisipasi bagaimana permintaan akan
produknya atau biaya produksi produknya berubah.
Kondisi
perusahaan banyak berpengaruh pada kehidupan masyarakat. Oleh karena itu setiap
perusahaan mempunyai tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan
masyarakat. Dalam pendiriannya perusahaan tidak boleh sembarangan dalam
melaksanakan kegiatannya. Perusahaan harus dilandasi dengan tanggungjawab
sosial karena masyarakat menunutut adanya tanggung jawab sosial yang menuju
pada pertimbangan manajemen tentang pengaruh ekonomi dari keputusannya.
Tanggung jawab sosial ini yang mencakup
hal-hal seperti bidang kesehatan, informasi konsumen, praktek tanpa
diskriminasi, dan pemeliharaan lingkungan. Sebuah perusahaan umumnya sangat
tergantung dengan lingkunganya. Bahkan setelah sebuah perusahaan didirikan,
maka pemilik dan pengelola harus tetap memantau lingkungannya supaya dapat
mengantisipasi bagaimana permintaan dan kemungkinan perubahan biaya produksi.
Tinjauan dari bab ini disediakan untuk
memahami bahwa suatu perusahaan perlu memahami lingkungannya sebelum perusahaan
itu dapat membuat keputusan bisnis. Selain itu, dapat diketahui pula bagaimana
suatu bisnis diciptakan serta dapat merancangkan mengenai keputusan
perencanaaan awal yang dibutuhkan untuk memandu bisnis kearah profitabilitas.
(Jeff Madura Pengantar Bisnis:2007.39)
1.2
Rumusan Masalah
Dengan
adanya latar belakang di atas maka rumusan masalah yang akan diangkat sebagai
berikut
1. Apa
yang dimaksud dengan pengertian lingkungan perusahaan?
2. Apa
saja faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan perusahaan?
3. Apa
yang dimaksud dengan masyarakat pluralistik?
4. Bagaiamana
hubungan lingkungan perusahaan dengan masyarakat pluralistik?
5. Apa
saja macam-macam dari lingkungan perusahaan?
6. Mengapa
lingkungan perusahaan perlu dianalisis?
1.3 Tujuan
1. Untuk
mengetahui pengertian dan faktor apa saja yang mempengaruhi lingkungan
perusahaan
2. Untuk
mengetahui pengertian dan hubungan lingkungan perusahaan dengan masyarakat
pluralistik
3. Untuk
mengetahui macam-macam dari lingkungan perusahaan
4. Untuk
mengetahui sebab pentingnya analisis lingkungan perusahaan
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 PengertianLingkungan Perusahaan
Perusahaan
merupakan sebuah unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi
untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk
memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat. (Murti
Sumarni-John Soeprihanto, 2010, Pengantar Bisnis, hal:5).
Lingkungan
perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang
mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti
lingkungan secara luas mencakup semua faktor eksternyang mempengaruhi individu,
perusahaan, dan masyarakat. (Basu Swasth & Ibnu Sukotjo, 2002, Pengantar
Bisnis Modern, hal:27).
2.1.1Perusahaan
dalam masyarakat yang pluralistik
Perusahaan
sangat bergantung pada masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang
ditawarkan, dan sikap masyarakat terhadap perusahaan sangat berpengaruh pada
cara kegiatan serta pelayanan perusahaan tersebut. Oleh karena itu perusahaan
harus menjaga hubungan baik dengan kelompok atau pihak-pihak yang
berkepentingan.Masyarakat pluralistik adalah kombinasi dari berbagai kelompok
yang mempengaruhi lingkungan perusahaan. Dalam masyarakat pluralistik terdapat
banyak pusat kekuatan, masing-masing mempunyai sifat mandiri. Berbagai kelompok
tersebut dapat menyebarkan luaskan kekuatan dan mencegah terjadinya pemusatan
kekuatan pada suatu segmen masyarakat saja. Hubungan-hubungan yang baik dapat
terjadi dengan saling memberi melalui kompromi atau kerjasama. Dalam hal ini,
pluralisme mancerminkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuhan dan
kepentingan dari berbagai organisasi.
2.1.2Faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan perusahaan
a. Lingkungan Fisik, Energi, dan
Konservasi
Dari
masalah ekonomi dan sosial, salah satu masalah yang sulit diatasi dan
memerlukan biaya yang besar adalah yang berkaitan dengan masalah lingkungan
fisik. Seperti di Indonesia, kota Jakarta merupakan salah satu contoh pusat
kegiatan perekonomian masyarakat Indonesia yang dari tahun ke tahun mengalami
peningkatan polusi udara dan air. Begitu juga dengan beberapa kota di
Yogyakarta yang telah mengalami pencemaran air tanah dikarenakan kondisi
pemukiman warga yang tidak teratur dalam penempatannya serta pembuangan limbah
yang selalu dekat dengan sumber air.
Pengembangan
energi nuklir sebagai sumber tenaga di Indonesia yang sedang dalam penelitian
harus diperhatikan secara seksama jika memang benar-benar dilaksanakan. Agar
tidak berdampak buruk dalam jangka waktu yang lama dengan munculnya
penyakit-penyakit yang diakibatkan pencemaran tersebut, seperti kasus ledakan
pusat listrik tenaga nuklir april 1986 di Chernobyl Uni Soviet dan kasus
kebocoran pabrik pestisida Union Carbidedi Bhopal India yang menghasilkan
banyak karbon yang dapat memunculkan korban jiwa karena menghirupnya.
Akhir-akhir
ini memang kualitas lingkungan manusiasudah mengalami penurunan. Hal ini
disebabkan oleh kombinasi dari tiga faktor:
1. Semakin
meningkatnya konsentrasi penduduk
2. Perkembangan
teknologi baru
3. Semakin
meningkatnya kemakmuran ekonomi
v Macam-macam
polusi
Polusi merupakan pengrusakan
lingkungan alam di mana kita hidup dan bekerja.
Ø Pencemaran
Udara
Pencemaran
udara adalah terkontaminasinya udara dengan bahan-bahan kimia pencemaran ini
menimbulkan dampak yang negatif biasanya
dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan. Pencemaran udara berasal dari
sampah, asap kendaraan bermotor, asap dari pabrik-pabrik industri dan
sebagainya.Apabila terus dibiarkan maka akan merusak lapisan ozon dilangit yang
menimbulkan sinar ultraviolet dan dampak dari sinar ultra violet itu sendiri
dapat merusak kulit, penyebab penyakit kanker serta terjadinya kebutaan.
Ø Pencemaran
air
Kasus
pencemaran air di Indonesia memang cukup banyak terjadi seperti misalnya
pencemaran air yang berasal dari lingkungan industri, pemukiman dan lingkungan
pertanian. Penggunaan pupuk yang berlebihan dapat menyebabkan polusi air baik
di permukaan maupun di bawah tanah karena pupuk mengandung banyak nitrat.
Seperti
kasus lain berasal dari kota Yogyakarta yang merupakan sumber polusi air. Jarak
antara sumber air tanah dengan tangki peresapan saling berdekatan sehingga
bakteri-bakteri dalam tangki peresapan dapat merembes masuk ke sumber air. Dampaknya
akan buruk apabila air tersebut di konsumsi.
Ø Pencemaran
sampah awet
Sampah
awet dapat diartikan sebagai sampah yang sulit diuraikan dalam tanah. Seperti
kaleng bekas, botol, karet, plastik. Di daerah perkotaan yang semakin padat
penduduknya merupakan gejala awal dari adanya sampah awet dikarenakan banyaknya
penduduk yang mengkonsumsi bahan-bahan tersebut. Sekalipun dibakar sampah ini
akan menimbulkan pencemaran udara yang akan mengganggu kesehatan masyarakat apabila
terhirup. Namun demikian masih ada pihak-pihak yang ternyata sangat membantu
dalam mengurangi polusi sampah awet, yaitu para gelandangan pencari kaleng,
botol, dan sebagainya yang dapat menghasilkan uang dari hasil penjualannya ke
pabrik-pabrik pengolahan.
v Penggunaan
energi dan konservasinya
Di
Indonesia sendiri sumber energi minyak bumi sudah lama digunakan di samping
batu bara dan air. Kemudian muncul penggunaan gas alam yang juga dihasilkan di
dalam negeri. Dan akhir-akhir ini sudah mulai dikembangkan penggunaan sumber
energi matahari serta kemungkinan penggunaan tenaga nuklir.
Dari
sumber energi tersebut kiranya energi matahari dapat memberikan prospek
penggunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hampir tidak ada,
biayanya murah dan bebas polusi.
Setelah
terjadi embargo minyak dunia pada tahun 1973 disusul perang Arab dan Israel
harga minyak terus mengalami kenaikan sehingga orang mulai memikirkan cara
penghematan dan konservasi energi, dengan munculnya peralatan hemat energi di
pasaran. Orang tidak lagi menggunakan energi pada saat yang tidak perlu.
Mengingat kondisi bahwa sumber energi minyak bumi merupakan barang yang tidak
dapat diperbaharui atau langka maka dalam pemakaiannya manusia seharusnya bisa
seefisien mungkin, agar dapat dimanfaatkan sampai generasi yang akan datang.
Meskipun pada beberapa tahun terakhir ini harga minyak terus merosot yang
semula US$ 30 per barel menjadi US$ 9,95 per barel pada awal tahun 1986. Namun
demikian dengan melakukan penghematan energi maka secara tidak langsung akan
menghemat pengeluaran, serta dapat membantu pelestarian sumber-sumber yang ada.
b.Lingkungan Perekonomian dan Perpajakan
Pemerintah
membiayai pengeluaran negara dari hasil pemungutan pajak dari masyarakat.
Alasan-alasan pemerintah menaikkan pajak
masyarakat disebabkan karena pengeluaran negara yang semakin meningkat dari
tahun ke tahun. Meningkatnya pengeluaran pemerintah tersebut sebagai akibat
dari adanya kenaikan laju pertumbuhan urbanisasi. Di kota-kota besar seperti Jakarta
dan Surabaya merupakan sumber dari urbanisasi. Disamping sebagai daerah pusat
kegiatan perekonomian masyarakat yang kita tahu banyak memberi lapangan
pekerjaan, kota juga sebagai tempat yang baik dalam kegiatan pemasaran
hasil-hasil industri. Alasan lain mengapa masyarakat cenderung melakukan
urbanisasi adalah bahwa di kota masyarakat bisa memperoleh pendidikan yang
lebih tinggi, penyediaan teknologi di kota juga lebih bagus dan lengkap selain
itu fasilitas umum yang lainnya juga bisa ditemui dan dimanfaatkan. Namun
urbanisasi juga tidak lepas dari masalah seperti perlindungan kebakaran,
pengaturan selokan-selokan, penyediaan air minum dan masalah lain yang perlu
diperhatikan dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah adalah masalah
kesehatan,pendidikan dan transportasi, mengingat bahwa dikota tingkat
perhubungan menjadi lebih komplek, perdagangan dan pengangkutan makin
berkembang, dan komunikasi menjadi lebih penting. Oleh karena itu pemerintah
perlu memungut pajak dari masyarakat.
Untuk
meningkatkan fasilitas pelayanan kepada masyarakat, pemerintah telah membangun
perpustakaan, museum, dan pusat-pusat rekreasi dan sebagainya. Adanya
pertambahan penduduk dapat mengakibatkan pengeluaran pemerintah lebih besar.
Pemerintah perlu menyediakan kebutuhan pokok mereka dengan usaha peningkatan
produksi dalam negeri dan pengadaan impor dari luar negeri. Selain itu
pemerintah juga memberikan bantuan kepada penduduk dengan memberi asuransi
kesehatan, pembangunan rumah murah yang sehat, pengawasan polusi, serta bantuan
kepada pengusaha kecil. Dan baru-baru ini pemerintah juga memberi bantuan pada
masayarakat pedesaan dengan meningkatkan higina dan sanitasi lingkungan melalui
pembangunan sarana air minum, bangunan jamban keluarga serta usaha pencegahan
pencemaran lingkungan. Dengan melakukan pengawasan pemeriksaan higina serta
sanitasi terhadap perusahaan-perusahaan, tempat-tempat penjualan makanan dan
minuman, pengamanan penggunaan pestisida serta pengawasan, pemeriksaan kualitas
air minum terutama di beberapa kotamadya.
Tidak
semua pajak yang dipungut pemerintah berasal dari lingkungan masyarakat tetapi
juga berasal dari lingkungan perusahaan yang dimasukkan kedalam penerimaan dalam negeri. Di harapkan
dengan hubungan baik antara lingkungan
pemerintah dengan lingkungan perusahaan, kedua pihak dapat di untungkan
dari sisi pemerintah dapat memperoleh pungutan pajak untuk membiayai
pengeluaran negara, dapat terbantu mengurangi pengangguran karena penyediaan
lapangan pekerjaan dan dari sisi perusahaan mendapat pengakuan yang sah atau
legal dari pemerintah atas kegiatannya, mendapat perlindungan secara hukum,
meningkatkan perekonomian dan sebagainya.
c.Lingkungan
Hukum
Kegiatan
perusahaan berada di dalam suatu kerangka hukum, sehingga faktor hukum ini
mempengaruhi keputusan-keputusan serta transaksi-transaksi dalam peusahaan.
Manajer perusahaan harus mengambil
kebijaksanaan yang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. Di samping itu
juga perlu mempertimbangkan besarnya keuntungan yang akan di dapat dan resiko yang
akan dihadapinya.
d.Lingkungan Pemerintah
Hubungan
antara perusahaan dan pemerintah telah berkembang dari usaha-usaha untuk
menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi, yang bertujuan untuk
menciptakan kondisi perekonomian yang sehat.
Pemerintah
telah banyak membantu kegiatan perusahaan dalam berbagai bentuk, antara lain
perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten, serta pengadaan kontrak-kontrak.
Dengan harapan bahwa bantuan ini dapat mendorong segmen-segmen perekonomian,
meningkatkan pembangunan,serta mendorong kegiatan pemasarannya.
Keuntungan-keuntungan ekonomi juga
merupakan alasan bagi pemerintah untuk memberikan bantuan, disamping alasan
keamanan dan alasan-alasan lain. Pemerintah juga membantu perusahaan-perusahaan
kecil karena selain sebagai unit usaha yang dapat menampung tenaga kerja, juga
dapat memberikan harga yang lebih rendah kepada konsumen.biasanya bantuan
tersebut berupa subsidi.
Di
negara seperti Amerika, pemerintah telah memberikan kebebasan yang luas dalam
bidang usaha, namun kebebasan tersebut tidak absolut artinya masih ada campur
tangan pemerintah. Sebagai contoh bea impor untuk melindungi kegiatan usaha
didalam negeri, peraturan yang dikenakan pada sistem perbankan ditujukan untuk
menghindari adanya fluktuasi alat pembayaran.
Perhatian Pemerintah terhadap
Kegiatan Usaha
-Bantuan
di Bidang Transportasi
·
Pada Sektor Serkereta-Apian misalnya
perusahaan PT. KAI yang memang sepenuhnya dikuasai oleh pemerintah tanpa ada
campur tangan pihak swasta.
·
Pada Sektor Angkutan Udara misalnya
Garuda Indonesia Airways (GIA)
·
Pada Sektor Angkutan Laut misalnya
(PELNI)
·
Pada Sektor Angkutan Darat misalnya
(DAMRI)
Yang
ketiganya tersebut telah mendorong usaha-usaha baru yang dilakukan oleh swasta,
bahkan dapat menimbulkan daya saing yang lebih besar untuk memberikan pelayanan
kepada masyarakat.
-Bantuan pada Perusahaan-perusahaan Kecil
·
Bantuan financial
Bantuan ini diberikan melalui lembaga-lembaga
keuangan yang ada seperti bank. Bantuan semacam ini dapat diwujudkan dalam
bentuk kredit yang macamnya ada Kredit Investasi Kecil, Kredit Modal Kerja
Permanen dan Kredit Candak Kulak, dengan tingkat bunga yang rendah. Dan
akhir-akhir ini pemerintah telah juga mengeluarkan bantuan kredit berupa PNPM
Mandiri.
·
Bantuan Pemberian Kontrak
Bantuan ini berlaku untuk jasa dan hasil produksi,
yang tujuannya secara langsung untuk mendorong kegiatan pemasarannya.
·
Bantuan Teknik dan Manajemen
Pada koperasi pemerintah memberikan bantuan berupa
teknik dan manajemen yang gunanya untuk menggiatkan usaha-usaha para anggota
koperasi secara bersama-sama dan merata.
-Bantuan
di Bidang Komunikasi
Bidang
komunikasi yang meliputi kegiatan-kegiatan siaran radio, televisi, telepon dan
sebagainya hampir seluruhnya dikuasai dan diatur oleh pemerintah. Selain itu
juga didukung dengan usaha-usaha pengembangan ruang angkasa seperti penggunaan
satelit. Usaha-usaha ini sangat mnedorong majunya usaha di bidang komunikasi.
e.Lingkungan
Internasional
Lingkungan
internasional ini merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi
kegiatan dan masalah perekonomian dunia. Keadaan perekonomian nasional menjadi
saling terpengaruh dan saling tergantung pada masalah-masalah internasional.
Seperti contoh ketika tengah mengalami krisis energi padan tahu1973 menyebabkan
beberapa negara pengimpor minyak mengalami kesulitan. Beberapa negara maju
seperti Amerika dan Jepang memegang peranan penting dalam perekonomian dunia.
Kekuatan ekonomi negara-negara tersebut didukung oleh kegiatan dari
perusahaan-perusahaan raksasa yang ada, yang mempunyai kegiatan sebagai
perusahaan multinasional yang memproduksi barang dan jasa untuk melayani
konsumen diseluruh dunia.
2.2
Macam-Macam Lingkungan Perusahaan
Sebuah
perusahaan umumnya sangat tergantung dengan lingkungannya. Bahkan setelah
sebuah perusahaan didirikan, maka pemilik dan pengelola harus tetap memantau
lingkungannya supaya dapat mengantisipasi bagaimana permintaan dan kemungkinan
perubahan biaya produksi. Lingkungan perusahaan terdiri dari:
2.2.1Lingkungan
sosial
Lingkungan
sosial termasuk demografi, dan preferensi konsumen untuk menunjukkan
kecenderungan sosial yang ditampilkan oleh sebuah bisnis. Demografi sendiri,
berarti karakteristik populasi manusia atau populasi segmentasi yang spesifik,
yang berubah sejalan dengan waktu, ketika proporsi anak-anak, remaja, pelanggan
usia menengah, dan warga usia lanjut dalam populasi berubah, maka permintaan
akan produk perusahaan juga akan berubah. Dengan demikian, permintaan akan
produk yang dihasilkan oleh suatu bisnis tertentu dapat meningkat atau menurun
sebagai respon terhadap perubahan dalam demografis. Misalnya, peningkatan dalam
populasi usia lanjut telah mengakibatkan meningkatnya permintaan akan
obat-obatan resep.
Perubahan
dalam preferensi pelanggan sejalan dengan waktu juga mempengaruhi permintaaan
produk yang dihasilkan. Selera sangat dipengaruhi oleh teknologi. Misalnya,
ketersediaan saluran TV langgangan dapat menyebabkan beberapa pelanggan tidak
lagi menyewa DVD. Ketika teknologi berkembang, permintaan akan beberapa produk
meningkat, sementara permintaan produk-produk lain menurun.
2.2.2Lingkungan
Industri
Lingkungan
industri adalah serangkaian faktor-faktor yang merupakan ancaman dari pelaku
bisnis baru, supplier, pembeli, produk pengganti, dan intensitas persaingan di
antara para pesaing yang secara langsung mempengaruhi perusahaan.
Lingkungan
industri mencerminkan suatu kondisi di dalam industri perusahaan terhadap mana
perusahaan terekspos. Kondisi masing-masing industri perusahaan akan bervariasi
sesuai dengan permintaan dan persaingan. Perusahaan memperoleh manfaat karena
berada disuatu industri yang mengalami permintaan pelanggan yang tinggi akan
produk-produknya, keuntungan akan diperoleh oleh perusahaan yang memiliki
tingkat permintaan yang tinggi untuk produk yang dihasilkan. Misalnya permintaan
pada produk telepon seluler yang semakin meningkat. Tetapi perusahaan yang
memiliki permintaan yang tinggi juga cenderung memiliki persaingan yang ketat.
Persaingan yang ketat menguntungkan konsumen karena mereka akan mendapatkan
harga yang relatif rendah dari perusahaan yang bersaing, sementara dari sisi
perusahaan, persaingan mengakibatkan rendahnya pendapatan dan tentu saja
keuntungannya.
Ø Karakteristik
industri yang mempengaruhi bisnis antara lain:
a.
Permintaan industri
Permintaan
industri adalah keseluruhan permintaan terhadap produk-produk dalam industri.
Permintaan industri dapat berubah mendadak, maka para manajer perusahaan harus
memantaunya. Hal ini dapat dipengaruhi oleh tingkat pendapatan atau selera
konsumen. Meningkatnya permintaan industri dapat menambah penerimaan
perusahaan. Sebaliknya, menurunnya permintaan industri dapat mengurangi
penerimaan perusahaan.
b.Persaingan
industri
Setiap
industri terdiri dari berbagai perusahaan yang bersaing satu sama lain untuk
para konsumen yang menginginkan produknya. Ketika perusahaan menjadi bagian
industri yang kurang bersaing perusahaan itu akan lebih menguntungkan karena
alasan-alasan berikut:
Ø Penjualan
perusahaan lebih tinggi karena kecilnya persaingan
Ø Perusahaan
dapat memasang harga tinggi, tanpa kehilangan konsumen
Penghasilan
= Jumlah unit terjual x Harga per unit
|
Sehingga
perusahaan yang persaingannya kecil dapat menjual produksi dalam jumlah yang
besar pada tingkat harga yang tinggi agar penghasilan ynag diterima juga
tinggi.
c.Lingkungan
tenaga kerja
Industri
yang memilki tenaga kerja khusus ( memerlukan spesialisasi) biayanya jauh lebih
tinggi. Banyaknya tenaga kerja dalam suatu industri juga mempengaruhi biaya
tenaga kerja. Oleh karena itu, memahami lingkungan tenaga kerja dalam industri
dapat menolong manajer perusahaan dalam memperkirakan tenaga kerja yang terjadi.
d.Lingkungan
Peraturan
Semua
industri terkena bebrapa peraturan pemerintah. Pemerintah menegakkan peraturan
lingkungan yang dapat melarang perusahaan beroperasi disuatu lokasi atau
berkecimpung dalam bisnis tertentu. Perusahaan yang bermaksud memasuki industri
manapun harus mengetahui segala peraturan yang dikenakan pada industri
tersebut. Perusahaan-perusahaan yang sudah beroperasi dalam suatu industri juga
harus memantau peraturan industri sebab dapat berubah dari waktu ke waktu.
2.2.3Lingkungan Ekonomi
Lingkungan
ekonomi mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kinerja dari setiap bisnis.
Kondisi lingkungan ekonomi mempengaruhi penerimaan atau pengeluaran suatu
bisnis jadi dapat mempengaruhi nilai bisnis itu sendiri. Ketika perekonomian
kuat, tingkat lapangan kerja tinggi dan tingkat kompensasi yang dibayarkan
kepada karyawan juga meningkat. Sementara, daya beli masyarakat yang tinggi
membuat mereka mampu membeli produk yang ditawarkan perusahaan. Sehingga
perusahaan yang menghasilkan produk-produk ini akan memperoleh manfaat dari
besarnya permintaan. Pada akhirnya, perusahaan akan mendapatkan untung yang
tinggi dan mampu mengembangkan usahanya, melakukan rekrutmen tenaga kerja untuk
memastikan produk dalam jumlah yang mencukupi guna memenuhi permintaan.
Sebaliknya, ketika kondisi perekonomian suatu perusahaan mengalami kelemahan,
perusahaan yang menghasilkan produk-produk ini akan sangat terpukul karena
perusahaan tidak dapat menjual seluruh produk yang dihasilkannya.
Konsekuensinya perusahaan akan cenderung melakukan PHK pada sebagian
karyawannya dan perusahaan tidak mampu memberi kompensasi yang tinggi.Dalam
kondisi ini perusahaan mengalami kegagalan dan sebagian karyawannya kehilangan
pekerjaan sehingga daya beli masyarakat terhadap produk yang ditawarkan menurun
dan mengakibatkan perusahaan rugi.
Faktor
ekonomi makro, yang mempengaruhi bisnis.
Kinerja
kebanyakan bisnis sangat tergantung pada 3 faktor ekonomi makro:
a.
Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan
Ekonomi adalah perubahan dalam tingkat umum dari aktifitas ekonomi. Jika
pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dari biasanya, maka tingkat pendapatan total
pekerja relatif tinggi. Sehingga ada pengeluaran yang lebih tinggi untuk barang
produksi dan jasa. Karena permintaan barang dan jasa tinggi, maka perusahaan
yang menjual barang dan jasa penerimaannya juga tinggi.
b.
Inflasi
Inflasi
adalah peningkatan tingkat harga umum dari barang dan jasa dalam periode waktu
tertentu. Tingakat inflasi dapat diketahui dengan mengukur presentase perubahan
indeks harga konsumen yang memberikan indikasi harga bermacam produk konsumen
seperti produk kebutuhan rumah tangga, perumahan, harga bahan bakar, jasa
kesehatan dan listrik.
Inflasi
dapat mempengaruhi biaya operasi perusahaan yang menghasilkan produk karena
naiknya biaya barang pasokan dan bahan baku. Penerimaan perusahaan mungkin juga
tinggi karena banyak perusahaan membebankan kepada harga yang lebih tinggi
sebagai kompensasi biaya operasi yang lebih tinggi.
c.
Suku Bunga
Perubahan
dalam tingkat suku bunga dari pasar dapat mempengaruhi pengeluaran biaya bunga
perusahaan karena bunga pinjaman yang diminta oleh kreditor untuk perusahaan
dalah berdasarkan tingkat suku bunga pasar.
Tingkat
suku bunga mempengaruhi penerimaan perusahaan
dan juga biaya bunga. Misalnya, apabila suku bunga pinjaman naik, biaya
pendanaan untuk mambeli rumah baru naik. Sehingga permintaan untuk rumah
barupun menurun dan perusahaan yang membangun rumah mengalami penurunan bisnis.
2.2.4Lingkungan
Global
Lingkungan
global akan mempengaruhi kinerja perusahaan baik secara langsung maupun tidak
langsung. Kondisi ekonomi internasional mempengaruhi penghasilan dan biaya
sebuah perusahaan dengan demikian mempengaruhi nialinya. Pada perusahaan yang
memiliki hubungan dagang, baik pembelian maupun penjualan akan sangat
tergantung pada situasi global. Sedangkan bagi perusahaan yang tidak memiliki
hubungan dagang dengan negara lain tetap harus mampu menilai kondisi lingkungan
global untuk mewaspadai adanya pesaing yang datang dari luar negeri. Selain mempengaruhi
kondisi dalam perusahaan, lingkungan global juga dapat mempengaruhi kondisi perekonomian
lokal. Ketika ekonomi global dapat mempengaruhi perekonomian lokal pada saat
kondisi ekonomi melemah di negara-negara asing, maka permintaan asing terhadap produk-produk
akan menurun. Kosekuensinya, penjualan perusahaan-perusahaan akan berkurang,
dan hal ini akan mengakibatkan tejadinya PHK. Permintaan untuk semua produki
akan menurun, bahkan untuk produk yang hanya dijual. Dengan demikian, bahkan
perusahaan yang tidak memiliki bisnis Internasional dapat dipengaruhi oleh
lingkunagn global tersebut. Di samping itu industri di negara tersebut juga
akan mengalami penurunan dalam hal keuntungan yang diraih.
Beberapa
perusahaan mengandalkan negara lain untuk sebagian pasokannya menjual produknya
diberbagai negara. Perusahaan tersebut bahkan mungkin saja mendirikan anak
perusahaan diluar negeri dimana perusahaan dapat menghasilkan produk dan
menjualnya.
§ Beberapa
motif umum yang dimiliki perusahaan untuk berkecimpung dalam bisnis
internasional yaitu:
a.
Menarik permintaan asing
Beberapa
perusahaan tidak dapat meningkatkan penjualannya dibandingkan pasar secara
keseluruhan karena persaingannya yang ketat atau karena perubahan selera
konsumen. Dalam kondisi tersebut, perusahaan dapat mempertimbangkan pasar asing
dimana terdapat permintaan potensial untuk menarik sumber permintaan baru.
b.
Kapasitas pada teknologi
Negara
yang maju dan berteknologi canggih dapat mengkapitalisasikan keunggulan
teknologinya dengan melakukan perluasan di negara asing yang berteknologi
kurang maju.
c.
Penggunaan sumber-sumber murah
Biaya
tenaga kerja dan tanah di berbagai negara bervariasi. Perusahaan-perusahaan
sering mencoba untuk membangun fasilitas produksi dimana harga tanah dan biaya
tenaga kerja murah.
d. Diversifikasi internasional
Ketika
seluruh aktiva dari perusahaan dikerahkan untuk menghasilkan penjualan produk
tertentu disuatu negara, keuntungan perusahaan biasanya tidak stabil.
Ketidakstabilan ini disebabkan adanya eksposur perusahaan terhadap perubahan
dalam industri atau ekonomi. Hasil perusahaan bergantung hanya pada permintaan
satu produk ini dan kondisi dimana bisnis dilakukan. Perusahaan dapat
mengurangi resiko seperti ini dengan menjual produknya di berbagai negara. Banyak
perusahaan menggunakan internet untuk menyediakan informasi mengenai perluasan
terbarunya. Hal ini bermanfaat bagi investor yang mencoba menilai tingkat
penjualan perusahaan tersebut dibandingkan pasar keseluruhan dan bagi konsumen
yang mencari kualitas pelayanan domestik dan internasional.
2.3Pentingnya
Analisis Lingkungan Perusahaan
Dalam merumuskan suatu strategi, maka terlebih
dahulu seorang pengusaha harus melakukan analisis lingkungan dengan maksud
untuk menyesuaikan dengan keunggulan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.
Analisis dapat diartikan sebagai cara penelusuran
peluang atau ancaman sampai kepangkalnya. Sedangkan analisis lingkungan bisnis adalah
suatu proses yang digunakan perencana-perencana strategi untukmemantau
lingkungan bisnis dalam menentukan peluang atau ancaman.
2.3.1
Alasan Pentingnya Analisis Lingkungan Perusahaan:
a.
Agar pembuat strategi dapat mengantisipasi setiap kesempatan dan membantu
mengembangkan sistempemecahan sedini mungkin terhadap faktor-faktor lingkungan
yang dianggap mengancam tujuan perusahaan(early warning systems).
b.
Untuk dapat mengefektifkan proses manajemen strategi, karena dengan melakukan
analisis lingkungan yang akandiperoleh lebih efektif.
c.
Untuk membantu manajer suatu perusahaan dalam meramalkan dampak lingkungan
bisnis terhadap perkembangan perusahaan. Terkumpulnya berbagai informasi dari
lingkungan memudahkan untuk membuat perencanaan jangka panjang.
2.3.2 Beberapa
Proses Analisis Lingkungan Perusahaan dilakukan oleh perencanaan strategi:
a.
Menganalisis hubungan antara strategi perusahaan dan tanggapan terhadap
lingkungan,yang dapatdipakai sebagai landasan untuk membandingkan strategi yang
sedang berjalan dengan strategi yang potensial yangakan datang.
b.
Menganalisis kecenderungan faktor dan masalah utama yang diperkirakan mempunyai
dampak pentingterhadap perumusan strategi.
c.
Mencoba meramalkan kemungkinan yang akan terjadi pada masa yang akan datang
terhadap lingkunganbisnis.
2.3.3 Komponen
Analisis Lingkungan Bisnis
a. Scanning(Pemindaian)
Melalui
pemindaian perusahaan mengidentifikasi tanda-tanda awal dari perubahan
potensial dan kecenderungan lingkungan bisnis dalam lingkungan umum, dan
mendeteksi perubahan-perubahan yang sedang terjadi. Pemindaian lingkungan
merupakan hal penting dan menentukan bagi perusahaan- perusahaan yang bersaing
dalam lingkungan yang sangat tidak stabil. Dengan cara ini maka perusahaan
dapat meramalkan potensi pasar kedepannya, kaitannya terhadap penetapan target
perusahaan terhadap penjualan sebuah produk.
b. Monitoring (Pengawasan)
Melalui pengawasan perusahaan mendeteksi
perubahan dan trend-trend lingkungan melalui observasi yang berkelanjutan atas
perubahan kecenderungan lingkungan bisnis. Kritikal bagi pengawasan yang
berhasil adalah kemampuan untuk mendeteksi makna dalam peristiwa-peristiwa
lingkungan yang berbeda.
c.Forcasting (Peramalan)
Pada
peramalan, analis mengembangkan proyek-proyek yang layak atas hasil yang
diantisispasi berdasarkan perubahan dan kecenderungan yang dimonitoratau
tentang apa yang mungkin terjadi, dan seberapa cepat, perubahan-perubahan dan
trend-trend itu dideteksi melalui pemindaian dan pengawasan.
d.
Assesing (Penilaian)
Tujuan
penilaian adalah untuk menentukan waktu dan signifikansi efek-efek dari
perubahan- perubahan dan trend-trend lingkungan terhadap manajemen strategis
suatu perusahaan. Selangkah lebih maju tujuan penilaian adalah untuk
menspesifikasi implikasi pemahaman tersebut pada organisasi. Tanpa penilaian
perusahaan dibiarkan dengan data-data yang menarik, tapi tidak diketahui
relevansi kompetitiifnya.
2.3.4
Pelaku Lingkungan Bisnis
· Dilihat
dari segi lingkungan mikro ( Lingkungan Industri)
Lingkungan dimana tempat para pelaku yang secara
langsung berkaitan dengan lingkungan, yang mempengaruhi perusahaan.
a. Pemilik
Setiap bisnis dimulai sebagai hasil ide dari seorang
atau lebih mengenai barang atau jasa, disebut wiraswasta (entrepreneurs), yaitu orang yang
mengorganisasi, mengelola dan mengasumsikan resiko yang dihadapi mulai dari
permulaan bisnis. Seorang wiraswasta menciptakan bisnis pada mulanya
menjalankan sebagai pemilik tunggal, namun setelah bisnisnya tumbuh dan
berkembang mungkin memerlukan tambahan dana lebih. Sebagai konsekuensinya
pemilik tunggal akan memperbolehkan orang lain menanamkan modal ke dalam perusahaan
dan menjadi pemilik bersama. Maka tentu saja proporsi kepemilikan dari pemilik
lama akan berkurang.
Setiap keuntungan dari perusahaan akan
didistribusikan kepada pemilik. Apabila perusahaan menerima penanaman modal
lagi, maka kemungkinan besar bisnisnya, sehingga pemilik pertama akan
memperoleh manfaat lebih walaupun kepemilikannya menjadi berkurang perusahaan
dapat meluaskan kegiatan operasinya. Banyak perusahaan besar menjual saham
kepada investor yang ingin menjadi pemegang
saham (shareholders/ stockholders) dari perusahaan tersebut.
Pemegang saham adalah investor yang ingin menjadi pemilik sebagian dari
perusahaan. Apabila kinerja perusahaan membaik, nilai sahamnya juga naik (bisa
berlipat-lipat dari saham yang diberikan). Sebaliknya jika perusahaan tersebut
gagal maka pemegang saham dari beberapa perusahaan pun telah kehilangan seluruh
modalnya
b.
Kreditor
Kreditor adalah institusi keuangan atau individu
yang memberikan pinjaman pada perusahaan. Perusahaan memerlukan pendukung dana
yang mungkin akan dikeluarkan sebelum dapat menjual barang atau jasa. Oleh
karena itu perusahaan tidak dapat menggantungkan modal kepada uang tunai dari
perusahaan untuk menutupi pengeluarannya. Jumlah yang dipinjam merupakan utang
dari perusahaan yang harus dikembalikan kepada kreditor beserta bunganya pada
waktu jatuh tempo
c.
Karyawan
Seseorang yang bertanggung jawab mengelola tugas
yang diberikan kepada karyawan lain dan membuat keputusan penting perusahaan
disebut manajer.Kinerja perusahaan sangat tergantung pada keputusan yang dibuat
oleh manajer. Keputusan
yang bagus dapat membuat perusahaan menjadi sukses, tetapi keputusan yang
kurang bagus dapt membuat perusahaan gagal.Tujuan manajer suatu perusahaan
adalah memaksimalkan nilai perusahaan,ketika perusahaan menjual sahamnya,
sebagian pemegang saham tidak bekerja untuk perusahaan, mereka mengawasi
manajer dalam memaksimalkan nilai saham milik para pemegang saham.Sebagai
gambaran bagaiman para manajer dapat mendorong nilai perusahaan.Misal seperti kasus Compaq Computer (perusahaan komputer),
para manajernya telah menciptakan keunggulan kompetitif dengan sistem yang
efisien dalam memproduksi komputer. Ini mengakibatkan biaya rendah dan dapat
menyediakan komputer berkualitas tinggi dengan harga rendah.Dengan cara ini penjualan
naik demikian juga labanya, kemampuan para manajer mengendalikan biaya dan
menjual komputer pada harga rendah memuaskan tidak hanya bagi para pelanggan
tetapi juga bagi pemegang saham.
d.
Pemasok
Perusahaan biasanya menggunakan bahan baku untuk
menghasilkan produksinya. Perusahaan tidak dapat menyelesaikan proses
produksinya bila tidak mendapatkan bahan bakunya.Oleh karena itu, kinerjanya
sebagian tergantung pada kemampuan dari pemasoknya dalam mengantarkan bahan
baku tepat pada waktunya
e.
Pelanggan
Perusahaan tidak dapat bertahan hidup tanpa
pelanggan. Apabila perusahaan tidak dapat memberikan barang atau jasa yang
berkualitas dengan harga pantas, pelanggan akan beralih ke perusahaan pesaing.
Seperti misalnya Motorola (divisi General Motors) menganggap beberapa
keberhasilannya karena mereka mengenal jenis produk yang dibutuhkan pelanggan
begitu juga saturn, memakai Internet untuk mengumpulkan informasi atas reaksi
pelanggan terhadap produknya (pelanggan bertemu untuk mendiskusikan dan
membandingkan kualitas dari produk mereka)
-Interaksi
antara Pemegang Kepentingan:
·
Dana dapat diperoleh dari pemilik,
kreditor, hasil penjualan
·
Dana tersebut dipakai untuk membayar
sumber-sumber daya(termasuk karyawan, pemasok,
mesin-mesin. Promosi, bayar pinjaman ke kreditor) atau disebut biaya
operasional
·
Sisa dana disebut laba, sebagian dari laba ditahan dan
ditanamkan kembali ke perusahaan, sisa dari laba dibagikan sebagai dividen atau penghasilan yang
diberikan perusahaan kepada pemiliknya.
f. Pesaing
Persaingan terjadi karena satu atau lebih pesaing
merasakan adanya tekanan atau melihat adanya peluang untuk memperbaiki posisi.
Strategi bersaing yang efektif meliputi tindakan-tindakan ofensif atau defensif
guna menciptakan posisi yang aman ( defendable position ) terhadap
kekuatan-kekuatan pesaing.
Ada
tiga faktor penting yang perlu diperhatikan mengenai persaingan, yaitu:
1.
Masuk dan keluarnya pesaing
2.
Ancaman produk atau jasa pengganti
3.
Kemungkinan terjadinya perubahan dalam strategi pesaing
g. Publik (masyarakat)
Publik (masyarakat) sering mengisukan sesuatu produk
atau suatu perusahaan atau suatu merk, sehingga amat mempengaruhi permintaan
barang tersebut. Isu publik ini kadang-kadang tajam dibandingkan dengan ancaman
lainnya. Isu ini bisa saja dilansir secara sengaja oleh kelompok tertentu yang
memang menginginkan kehancuran atau bisa saja secara tidak sengaja. Oleh karena
itu perusahaan harus waspada terhadap isu-isu masyarakat ini.
·
Dilihat dari segi lingkungan makro
(Lingkungan Umum)
Lingkungan yang menimbulkan kekuatan-kekuatan yang
timbul dan berada diluar jangkauan serta biasanya terlepas darisituasi
operasional perusahaan.
a.
Faktor Ekonomi
Faktor
ekonomi yang perlu dianalisis adalah :
1.
Siklus ekonomi yang meliputi depresi, resesi, kebangkitan ( recovery ) dan kemakmuran (prosperity).
2.
Gejala inflansi dan deflasi yaitu jika inflasi sangat tinggi maka pengendalian
gaji dan harga semakin berat.
3.
Kebijaksanaan moneter meliputi perubahan tingkat suku bunga, devaluasi dan
sebagainya.
4.
Neraca pembayaran meliputi surplus atau defisit dalam hubungannya terhadap
perdagangan luar negeri. Hal inimengganggu atau memberikan peluang.
b.
Faktor Demografi
Faktor
demografi terdiri dari :
1.
Perubahan jumlah penduduk akan mempengaruhi permintaan misalnya, pada daerah
yang jumlah penduduknyamenurun, tentu akan memindahkan usahanya ke daerah yang penduduknya
tumbuh.
2.
Perubahan struktur usia penduduk akan mempengaruhi pemindahan jenis produk
sesuai dengan perubahanumurnya.
3.
Distribusi pendapatan.
4.
Tingkat pengangguran.
c.
Faktor Geografi
Faktor geografi juga penting diamati oleh perencana
strategi, untuk menentukan peluang dan ancaman perusahaan,terutama dalam
menentukan penambahan lokasi baru bagi perluasan perusahaan.
d.
Faktor Teknologi
Perubahan teknologi membawa pengaruh terhadap
perkembangan perusahaan, karena perubahan teknologi dapat memberi peluang besar
yaitu meningkatkan hasil dan tujuan atau bisa mengancam kedudukan perusahaan.
Bahkanperubahan teknologi dapat merupakan malapetaka tenaga kerja, karena akan
menggeser mereka dan bertambahbanyaklah pengangguran. Dan juga perubahan
teknologi akan mempengaruhi daur hidup produk, misalnya denganmunculnya mesin
foto copy maka pasar kertas stensil mengalami penurunan drastis.
e.
Faktor Pemerintah
Perubahan-perubahan kebijakan pemerintah dalam
berbagai bentuk peraturan, dapat merupakan peluang bagiperusahaan dan dapat
pula hambatan atau ancaman bagi perusahaan.
f.
Faktor Sosial
Sosial adalah kebiasaan dan nilai-nilai sosial
lingkungan masyarakat, khususnya langganan dan karyawan.
g. Faktor
Politik meliputi kekuatan politik dan perbedaan ideologi.
Perusahaan dalam
menjalankan kegiatannya harus menerapkan ideologi yang diterapkan oleh suatu
negara dimana karena ideologi merupakan pedoman untuk mengatur rakyatnya,
termasuk perusahaan merupakan bagian dari komponen suatu negara
BAB
III
PENUTUP
3.1
KESIMPULAN
Lingkungan
perusahaan adalah keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi
perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.
1.Faktor-faktor
yang mempengaruhi lingkungan perusahaan antara lain:
a. Lingkungan
fisik, energi, dan konservasi
b. Lingkungan
perekonomian dan perpajakan
c. Lingkungan
hukum
d. Lingkungan
pemerintah
e. Lingkungan
internasional
2.Macam-macam
lingkungan perusahaan yaitu:
a. Lingkungan
social
b. Lingkungan
industri
c. Lingkungan
ekonomi
d. Lingkungan
global
3.Pentingnya
analisis lingkungan perusahaan
a.
Alasan pentingnya analisis perusahaan antara lain:
·
Mengantisipasi kesempatan dan pemecahan
pemecahan sedini mungkin faktor-faktor lingkungan yang dianggap mengancam
tujuan perusahaan
·
Mengefektifkan manajemen strategi
·
Membantu membuat perencanaan jangka
panjang
b.
Proses analisis lingkungan perusahaan meliputi:
·
Menganalisis hubungan antara strategi perusahaan dan tanggapan
terhadap lingkungan
·
Menganalisis masalah utama yang
diperkirakan mempunyai dampak penting terhadap perumusan strategi
·
Mencoba meramalkan kemungkinan yang akan
terjadi terhadap lingkungan bisnis
c.
Komponen analisis lingkungan bisnis yaitu:
·
Scanning (Pemindaian)
·
Monitoring (Pengawasan)
·
Forcasting (Peramalan)
·
Assesing (Penilaian)
d.Pelaku
lingkungan bisnis :
Ø Segi
lingkungan mikro yaitu:
·
Pemilik
·
Kreditor
·
Karyawan
·
Pemasok
·
Pelanggan
·
Pesaing
·
Publik (masyarakat)
Ø Segi
lingkungan makro yaitu:
·
Faktor ekonomi
·
Faktor demografi
·
Faktor geografi
·
Faktor teknologi
·
Faktor pemerintah
·
Faktor sosial
·
Faktor politik
3.2 SARAN
Sebelum
suatu perusahaan itu didirikan maka seharusnya pemilik perusahaan melakukan
analisis tentang lingkungan perusahaan tersebut. Agar kelak tidak menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan tersebut dan
masyarakat sekitar ketika perusahaan tengah beroperasi.
DAFTAR
RUJUKAN
Basu Swasth & Ibnu
Sukotjo.2002.Pengantar Bisnis Modern.Yogyakarta:Liberty
Hitt,MichaelA,R.DuaneIreland,
and Robert E.Hoskisson.2005.Strategic Management-Competitiveness and
Globalization.Thomson International Student Edition USA (Hitt et al)PearceII.
John.A
and Richard B. Robinson.2003.Strategic Management-Formulation,Implementation
and Control. Mc Graw-Hill International edition.USA (P and R)
Madura
Jeff.2001.Pengantar Bisnis.Jakarta.Salemba
Empat
Madura
Jeff.2007.Introduction To Business.Jakarta.Salemba
Empat
Paulus
Sukardi & Evi Thelia Sari.2007.Bisnis
Internasional.Yogyakarta:Graha Ilmu
SITUS KAMI: WWW . GARNETQQ .
BalasHapusCOM
BONUS SETIAP HARI :0.5% TO SETIAP
HARI JAM 12 PEMBAGIAN BONUS
NYA+referall 0.2% setiap udang teman
bermain tambah 0.2%+++
-CARA MASUK WEB
KE WWW . SMSQQ . COM LALU
MASUK DALAM PERMAIN
ATAU
LINK ALTERNATIVE ; garnetqq.com
silahkan di coba bosq :)
-CARA DAFTAR NEW MEMBER;
Nama :
No Telp :
Nama Bank :
Nama Rekening :
Nomor Rekening :
Email :
User Name :
Password :
-CONTOH DAFTAR
NAMA :SANTI WINATA
NO TLEPON : +85577773548
NAMA BANK : SANTI WINATA
NAMA REKENING: SANTI WINATA
NO REKENING : 123 456 777 912
EMAIL :SANTI
WINATA888@GMAIL.COM
USER NAME :SANTI WINATA45
PASSWORD :12314aaaa
-CARA DAFTAR CONTOH ;
NAMA; ASLINYA
NO TLP YG ASLI
NAMA BANK BLM DAFTAR
PERMAINAN KITA;
NAMA REKENING YG BENAR DI BUKU
BANK YG BELUM DAFTAR
PERMAINAN KAMI
NOMOR REKENING YG BELUM
DAFTAR PERMAINAN KAMI
EMAIL LENGKAP DAN YG BELUM
PERNAH DI DAFTARKAN PERMAINAN
KAMI
USER NAME YG BENAR DAFTAR
WARNA HIJAU
PASWORD HARUS BENAR
CHAND PASWORD PASWORD HARUS
SAMA
-CONTOH KESALAHAN MEMBER
SUSAH DAFTAR ;
1.SEASON EXPAYER=DAFTAR HARUS
CEPAT
2. KODE VALIDASI=KODE SALAH
NOMOR ULANG KEMBALI , KETIKNYA
RESET KEMBALI
MASUK KODENYA
3. REKENING SUDAH
TERDAFTAR=CARA DAFTAR REKING
YG BELUM DAFTAR PERMAIN
SITUS KAMI
-CARA DEPO/STOR DANA ;
MASUK WWW . SMSQQ . COM
PERMAINAN LALU LIAT BAGIAN ATAS
KIRI NAMANYA
STOR DANA
LALU KLIK AJA NOMINAL BOS MAU
KALAU BISA NO MINAL UNIK YAH
BOSKU
CONTOHNYA : 50123 ISI FORM NYA
50123 JUGA YAH BOSKU BIAR BANK
ERROR BIAR
CEPET DI PROSES YAH BOSKU PAKE
NOMINAL UNIK SEPERTI ITU YAH
BOSKU^^
KALAU BANK ADA GANGGUAN
MINTA BUKTI TRASFER BIAR CEPAT
DI PROSES DEPO
MASUK YA BOSKU^^
-CARA WD /TARIK DANA ;
MASUK WWW . SMSQQ . COM
PERMAINAN LALU LIAT BAGIAN ATAS
KANAN NAMANYA
TARIK DANA
LALU KLIK AJA NOMINAL BOS MAU
DI TARIK CONTOHNYA : DANA YANG
DI TARIK
JADWAL BANK OFF LINE;
MANDIRI ; SENIN -JUMAT ; 22.45-
04.00 WIB
SABTU ;23.00-06.00 WIB
MINGGU ;23.00-05.00 WIB
DANAMON; SENIN-MINGGU TIDAK
ADA OFFLINE
BRI ; SENIN- MINGGU 22.20-04.30
WIB
BNI ; SENIN- MINGGU TIDAK ADA
OFFLINE
BCA ; SENIN-JUMAT ; 21.00-01.00 WIB
SABTU ; 22.00-23.15 WIB
- CARA REFERAL ;
silahkan bosq login terlebih dahulu di
akun nya bosq yha ..
setelah itu bosq bisa klik menu
Referensi yang ada di dalam akun nya
bosq yah ..
Lalu jika sudah di Klik akan muncul
Kode Refferal Anda ( Silahkan bosq isi
sesuai dan
seunik mungkin untuk nama refferal
nya yha bosq )
Saya baru saja mengajukan Pinjaman Mobil dari Tn. Pedro dan perusahaan pendanaan investasinya serta Pinjaman Tanpa Subsidi. Setelah melakukan riset pada beberapa pemberi pinjaman, saya memilih Discover karena mereka tampaknya menawarkan beberapa manfaat terbaik di pasar (pada saat ini) dengan suku bunga 2%. Hubungi Tn. Pedro di pedroloanss@gmail.com melalui whatsapp: +393510140339. untuk mengajukan jenis pinjaman apa pun.
BalasHapus