Laman

Minggu, 24 Juli 2016

PENGALIHAN PIUTANG (PA2)

PENGALIIHAN PIUTANG

Dalam keadaan normal, piutang diterima pelunasannya dalam bentuk kas dan rekening piutang yang bersangkutan dihilangkan dari pembukuan. Akan tetapi apabila piutang telah berkembang manjadi sedemikian besar jumlahnya, maka penyelesaian piutang dengan cara “normal” seperti diatas perlu diubah. Perusahaan – perusahaan yang memiliki piutang dalam jumlah besar sering kali berusaha untuk mempercepat penerimaan kas dari piutangnya dengan cara menjual atau mengalihkan piutang tersebut kepada perusahaan lain sehingga dapat segera memperoleh kas, dan demikian memperpendek jarak siklus operasi dari kas ke kas.
            Perusahaaan bersedia untuk mengalihkan piutang kepada pihak lain karena beberapa alasan. Pertama, dalam situasi yang ketat perusahaan sulit menjamin pinjaman untuk  memenuhi kebutuhan kasnya. Selain itu tingkat bunga pinjaman juga cukup tinggi, oleh karena itu piutang sedapat mungkin harus segera diubah menjadi kas meski tidak melalui cara yang biasa. Kedua, penagihan piutang seringkali memakan waktu yang cukup lama dan kadang – kadang memerlukan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu perusahaan bersedia menerima kas yang lebih kecil dari jumlah yang seharusnya diterima dari piutang, asalkan kas dapat diterima lebih cepat.
            Di Negara – Negara yang perekonomiannya telah berkembang, dikenal berbagai cara pengalihan piutang, misalnya: penjualan piutang kepada lembaga keuangan, penggadaian piutang, dan penjualan dengan kartu kredit (credit card). Di Indonesia penjualan dan penggadaian piutang telah mulai dikenal populer. Cara yang sudah cukup luas dikenal adalah penjualan dengan kartu kredit yang akan diuraikan lebih lanjut dibawah ini.


Penjualan dengan Kartu Kredit
Dalam penjualan biasa, terdapat dua pihak yang melakukan transaksi yaitu penjual dan pembeli. Apabila penjualan dilakukan dengan kartu kredit, maka terdapat tiga pihak yang terlibat, yaitu (1) Penjual, (2) Penerbit Kartu Kredit, dan (3) Pembeli.
            Ditinjau dari sudut pembeli, apabila pembelian dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, maka penerbit kartu kredit akan membayar kepada penjual sebesar harga barang yang dibeli. Selanjutnya pembeli akan membayar kepada penerbit kartu kredit (atau melalui banknya) sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh penerbit kartu kredit. Cara semacam ini sangat meringkan pembeli, karena pembayaran kepada penerbit kartu kredit bersifat longgar walaupun dibebani bunga. Ditinjau dari pahak penjual, apabila penjualan dilakukan dengan kartu kredit, maka penjual tidak mempunyai piutang kepada pembeli, melainkan dialihkan kepada penerbit kartu kredit. Selanjutnya penjual akan menagih kepada penerbit kartu kredit. Sebagai perusahaan yang professional, penerbit kartu kredit biasanya melakukan pembayaran dengan lancer dan tepat waktu. Penerbit – penerbit kartu kredit yang terkenal adalah VISA, Master Card, American Express, dan Diners Club.
            Keuntungan yang diperoleh pihak penjual apabila penjualan dilakukan dengan kartu kredit adalah:
  1. Penyelidikan mengenai identitas dan bonafiditas pembeli dilakukan oleh penerbit kartu kredit. Penjual tidak perlu lagi bersusah payah melakukan hal ini sebagaimana terjadi pada penjualan kredit biasa.
  2. Penjual tidak perlu lagi meyelenggarakan buku pembantu piutang yang berisi catatan piutang kepada masing – masing pembeli (debitur).
  3. Penjual tidak lagi terlibat dalam proses penagihan kepada pembeli karena hal itu akan dilakukan oleh penerbit kartu. Penjual hanya berhubungan dengan penerbit kartu kredit yang pelaksanaannya jauh lebih mudah dan sederhana.
  4. Penjual dapat menerima kas lebih cepat dari penerbit kartu kredit.

Untuk jasa yang diberikan oleh penerbit kartu, penjual harus membayar uang jasa (fee) kepada penerbit kartu yang besarnya berkisar antara 2 sampai 6% dari harga faktur. Uang jasa ini merupakan biaya yang harus dibayar oleh pihak penjual, namun penjual umumnya tidak keberatan karena adanya keuntungan – keuntungan di atas.
Penjualan dengan kartu kredit bagi penjual adalah merupakan penjualan secara kredit, karena kas tidak segera diterima melainkan harus menunggu pembayaran dari penerbit kartu. Akan tetapi piutang yang timbul dalam penjualan ini bukan terhadap pembeli melainkan terhadap penerbit kartu. Sebagai contoh, misalkan Rumah Makan Sedap mengakui pembayaran dengan kartu kredit dari seorang pembeli yang menggunakan kartu AMERICAN EXPRESS untuk makanan dan minuman seharga Rp 30. 000,00. Jurnal untuk mencatat transaksi penjualan ini adalah sebagai berikut:
            Piutang Dagang…………………Rp 30.000,00
                        Penjualan……………….                                Rp 30.000,00
            (Penjulan dengan  kartu kredit American Express)
Apabila biaya jasa besarnya 5%, maka biaya jasa yang harus dibayar kepada penerbit kartu adalah Rp 1.500,00 (5% x Rp 30.000,00). Dengan demikian American Express akan membayar kepada Rumah Makan Sedap sebesar Rp 28.500,00 yang akan dicatat dalam pembukuan rumah makan tersebut dengan jurnal sebagai berikut:
            Kas………………………………Rp 28.500,00
            Biaya Jasa Kartu Kredit………...         1.500,00
                        Piutang Dagang……….....                             Rp 30.000,00
            (Penerimaan pembayaran dari kartu kredit – American Express)
Biaya jasa kartu kredit dilaporkan di laporan rugi laba sebagai biaya penjualan. Sebenarnya biaya jasa kartu kredit harus dilaporkan pada saat penjualan terjadi, bukan pada saat penerimaan kas dari penerbit kartu. Alasannya karena pendapatan diperoleh pada saat pada saat penjualan terjadi, dan biaya penjualan yang bersangkutan juga harus diakui pada saat yang sama. Namun demikian kebanyakan perusahaan menunda pencatatan biaya tersebut sampai terjadi penerimaan kas dengan pertimbangan bahwa biaya tersebut umumnya kecil jumlahnya.
Penanganan penjualan dengan menggunakan kartu Visa dan Master Card sedikit berbeda. Kebanyakan penjual memandag penjual dengan Visa dan Master Card merupakan penjualan tunai. Kartu – kartu tersebut dikeluarkan oleh bank, dan bila bank tersebut menerima slip (bukti) penjualan dari penjual, maka bank akan segera membayarnya dengan menambahkan harga yang tercantum dalam slip ke dalam rekening penjual di bank tersebut, Bank juga memungutnbiaya jasa secara bulanan berdasarkan total penjualan selama bulan yang bersangkutan dan membebankkannya pada rekening penjual di bank tersebut.

1 komentar:

  1. SITUS KAMI: WWW . GARNETQQ .

    COM
    BONUS SETIAP HARI :0.5% TO SETIAP

    HARI JAM 12 PEMBAGIAN BONUS

    NYA+referall 0.2% setiap udang teman

    bermain tambah 0.2%+++

    -CARA MASUK WEB
    KE WWW . SMSQQ . COM LALU

    MASUK DALAM PERMAIN
    ATAU
    LINK ALTERNATIVE ; garnetqq.com
    silahkan di coba bosq :)
    -CARA DAFTAR NEW MEMBER;
    Nama :
    No Telp :
    Nama Bank :
    Nama Rekening :
    Nomor Rekening :
    Email :
    User Name :
    Password :

    -CONTOH DAFTAR
    NAMA :SANTI WINATA
    NO TLEPON : +85577773548
    NAMA BANK : SANTI WINATA
    NAMA REKENING: SANTI WINATA
    NO REKENING : 123 456 777 912
    EMAIL :SANTI

    WINATA888@GMAIL.COM
    USER NAME :SANTI WINATA45
    PASSWORD :12314aaaa

    -CARA DAFTAR CONTOH ;
    NAMA; ASLINYA
    NO TLP YG ASLI
    NAMA BANK BLM DAFTAR

    PERMAINAN KITA;
    NAMA REKENING YG BENAR DI BUKU

    BANK YG BELUM DAFTAR

    PERMAINAN KAMI
    NOMOR REKENING YG BELUM

    DAFTAR PERMAINAN KAMI
    EMAIL LENGKAP DAN YG BELUM

    PERNAH DI DAFTARKAN PERMAINAN

    KAMI
    USER NAME YG BENAR DAFTAR

    WARNA HIJAU
    PASWORD HARUS BENAR
    CHAND PASWORD PASWORD HARUS

    SAMA

    -CONTOH KESALAHAN MEMBER

    SUSAH DAFTAR ;
    1.SEASON EXPAYER=DAFTAR HARUS

    CEPAT
    2. KODE VALIDASI=KODE SALAH

    NOMOR ULANG KEMBALI , KETIKNYA

    RESET KEMBALI
    MASUK KODENYA
    3. REKENING SUDAH

    TERDAFTAR=CARA DAFTAR REKING

    YG BELUM DAFTAR PERMAIN
    SITUS KAMI

    -CARA DEPO/STOR DANA ;
    MASUK WWW . SMSQQ . COM

    PERMAINAN LALU LIAT BAGIAN ATAS

    KIRI NAMANYA
    STOR DANA
    LALU KLIK AJA NOMINAL BOS MAU

    KALAU BISA NO MINAL UNIK YAH

    BOSKU
    CONTOHNYA : 50123 ISI FORM NYA

    50123 JUGA YAH BOSKU BIAR BANK

    ERROR BIAR
    CEPET DI PROSES YAH BOSKU PAKE

    NOMINAL UNIK SEPERTI ITU YAH

    BOSKU^^
    KALAU BANK ADA GANGGUAN

    MINTA BUKTI TRASFER BIAR CEPAT

    DI PROSES DEPO
    MASUK YA BOSKU^^

    -CARA WD /TARIK DANA ;
    MASUK WWW . SMSQQ . COM

    PERMAINAN LALU LIAT BAGIAN ATAS

    KANAN NAMANYA
    TARIK DANA
    LALU KLIK AJA NOMINAL BOS MAU

    DI TARIK CONTOHNYA : DANA YANG

    DI TARIK
    JADWAL BANK OFF LINE;
    MANDIRI ; SENIN -JUMAT ; 22.45-

    04.00 WIB
    SABTU ;23.00-06.00 WIB
    MINGGU ;23.00-05.00 WIB
    DANAMON; SENIN-MINGGU TIDAK

    ADA OFFLINE
    BRI ; SENIN- MINGGU 22.20-04.30

    WIB
    BNI ; SENIN- MINGGU TIDAK ADA

    OFFLINE
    BCA ; SENIN-JUMAT ; 21.00-01.00 WIB
    SABTU ; 22.00-23.15 WIB

    - CARA REFERAL ;

    silahkan bosq login terlebih dahulu di

    akun nya bosq yha ..
    setelah itu bosq bisa klik menu

    Referensi yang ada di dalam akun nya

    bosq yah ..
    Lalu jika sudah di Klik akan muncul

    Kode Refferal Anda ( Silahkan bosq isi

    sesuai dan
    seunik mungkin untuk nama refferal

    nya yha bosq )

    BalasHapus